Senin, 03 Juli 2017

Lebaran 1438h

Assalamualaikum.  Semua..

Alhamdulillah thn ini uda bisa poto  b3. And ini lebaran keluarga kecik sya...

Lebaran pertama kali ini dilewati di Pekanbaru.
Tahun ini saya g bisa ikut sholat ied,  karena aluna belom bisa dibawa, drpd mengganggu kekhusukan ibadah yg lain(bcos  aku ngerasain pas jaman yg lampau, ketika lg hening sholat itu tangisan bayi kenceng amiiiirrr malah bikin mikir"itu anak sapa sih...? )  ntar insyaallah tahun depan bisa dibawa kamu ya nak..

.
Lebaran selalu syarat dgn  suka cita,  Walo tradisi lebaran disini g sama kyk dirumah mama, yg pasti harus tetap bersukacita.
Cuman ya gitu dr pagi ud whatssapan di grup family, ud minta maaf.. Malahuda nangis duluan..  G mampu denger suara mereka. Krn pasti bakal nangis lagi..  Hahahaha...

Yang beda lagi..  Apa yaa...  Tahun ini aluna dikasih THR...  Horraaaay...  Anak kecik tak boleh pegang duit ya nak..  Sini mommy simpen...  Hihihi...

Oke pokoknya selamat lebaran buat semua saudara ku..  Semoga kita bisa memaknai  arti ramadhan dan idul fitrisehingga menambah ketakwaan kita..


Wassalam

Kamis, 20 Oktober 2016

My beatiful life

Sudah 3 minggu di pekanbaru. Sudah 2x pula dikunjungi mama.
Kegiatannya masih sama yaitu jd fulltime mother n wife.
Klo ditanya perasaan nya... Huuuuaaawww.. Im so enjoy.. Kayak berada di zona nyaman yg g bakal pengen keluar dari dalamnya. Karena sungguh menikmati,apalagi berpegang pada mengharap ridho Allah..

Saya berpikir sejak awal plg ke pekanbaru,ntah terlalu awal utk berujar, tp aku merasa lebih bahagia sekarang,walo keadaan nya seperti ini.
Keadaan seperti ini ?? Keadaan yg bagaimana ??
Disaat saya sudah tidak berpenghasilan sendiri lg tiap bulannya.
Disaat suami akhirnya bekerja sangat keras sampe muka  juga badannya makin menghitam.
Memang selama ini kami mencari rejeki bersama, berapa pun uang yg kami dpt,saya yg selalu memegang nya. Hingga pasa akhirnya sudah tidak bekerja dan finally dia yg kasih gajinya ke saya. Percaya gak, saya pengen nangis tapi malu. Saya terharu, saya bahagia menerima uang yg bener2 hasil keringat dia tanpa campur tanganku.
Dalam hati saya bertekad utk menggunakan uang itu sebaik mungkin,bahkan percaya gak, aku mencatat pengeluaran dr yang yg diberinya bedaaaaaa banget ama sebelomnya . duit berapapun yg masuk ntah mau dibelikan apa, keselip dimana, ke buang dimana i dont care. Tapi sekarang makasih ya Allah keadaan ini bs membuat saya lebih menghargai semuanya..
Duluuuu berapapun kurang rasanya, sekarang hhmmm.. Sedikit ya cukup. Ternyata mmg benar yg org2 katakan..
apalagi saya banyak belajar dari mama sewaktu masih disana bagaimana mnjd ibu rumah tangga. Sebenarnya sih dari dulu mama ngajarin utk memanage duit dan waktu sebaik mungkin,tp y dasarnya kelewat enjoy, mana di dengar in, hmmm skrang baru terasa.
Skrang Saya prioritas kan barang2 dapur semuanya, ya minyak, bawang, Cabe, beraass.. Ahhahahaha..
Klo dulu beli bawang, cabe. Bisa sampe kering krn g kepake, sekarang hhmm.. Ud jd barang wajib yg selalu dipake. Bahkan uda hapal harga nya ..

Saya bersyukur untuk semua ini apalagi smenjak pulang ke pekan baru komunikasi ama suami jd lebih baik. Kita lebih sering ngobrol. Yaialaah klo sempat masih cuek cuek kayak dulu lagi.. Hhmmm.. Mau dibawah kemana biduk rumah tangga ini.. Ajiyeeeee bahasa.bahasaaaa..
Kita lebih sering diskusi ,cerita dan menyusun strategi ke depan.

Saya tau dia suami dan diddy yg terbaik . akhirnya setelah semua ini saya makin terbuka sama semua hak, mengapa saya berjodoh dengannya..
Sekarang dia menguatkanku dan saya juga selalu berusaha menguatkannya. Saya selalu berkata semua akan baik baik saja. Kita kudu sabar.. Sabar dan sabar..

Semoga semuanya akan lebih baik...amiiin...

Minggu, 14 Agustus 2016

 Introduce
-------------------------

inilah hasil perbuatan suami saya dengan cintanya
inilah ternyata isi dalam perut buncit saya
inilah benih yang coba saya jaga dan rawat selama 9 bulan
inilah sesuatu yang mengajarkan saya arti kekuatan sesungguhnya
inilah teman hidup yang detak jantungnya pun senada dengan saya
dan inilah sumber kekuatan saya selanjutnya dan selamanya



Kamis, 11 Agustus 2016

FAKTA BARU PASCA MELAHIRKAN

Assalamualaikum.. 
hai sekarang aluna sudah 10 hari..
rutinitasnya?? masi seputaran mikcucu trus bobok, bangun karena pipis trus maen bentar minta gendong disusuin lagi trus bobok lagi.
tapi alhamdulillah dia pintar banget setelah tali pusar nya lepas. durasi boboknya lumayan lama. jadi mommy bisa tidur juga, ya klo malam juga masih tetep begadang. paling jam lama bobonya diantara jam 1 sampai subuh. itulah saat mommy, eyang uti atau diddy nya harus standby. so far gak ada masalah.. saya sangat menikmati ini...
trus jadwal pupnya pun sekarang uda agak teratur satu kali sehari, biasanya menjelang subuh or pagi..

indah sekali menjadi ibu, walo pun beberapa saat ini kepala penuh dengan pikiran lain, tapi selalu berdoa semua cegera dimudahkan sehingga pikiran bisa ringan dan bisa fokus mikirin tentang luna.

Alhamdulillah setelah luna lahir, kebahagiaan ku bertukar menjadi adapun yang bisa bikin luna happy dan sehat.aku gak terlalu mikirin gak punya kuota ( coz u know my life sebelomnya habis di gadget) yang penting dia terpantau sepenglihatanku dan yg aku usahakan adalah dia meminum ASI dari ku.
beberapa perubahan terjadi, semoga semuanya menjadikan aku lebih baik

Ternyata fakta baru setelah melahirkan itu...
1. urat malu ada yang lepas satu
hahahaa.. mungkin karena ngejan kali ya, jadi urat malu ada yng putus, terbukti sekrang ngeler susu (upss.. payudara maksud saya) itu sudah menjadi hal biasa. walopun ada lelaki walopun kalo bisa menghindari untuk dilihat lelaki.
namanya juga ibu.. sumber energi anaknya lengket di badan ibu nya, ya jadi mau gak mau harus lakuin

2. wajahku oh wajahku.. No make up
memang mommy cuwid itu gak cantik, tapi setelah melahirkan, kau ngerasa ini muka jadi berubah, agak ketarik, ntah efek mengejan atau bagaimana. ditambah lagi yang klo uda habis mandi cuma bedak tabur dan ikat rambut dikucir. gak peduli, rambut depanku keriting nya keliatan atau mungkin gak sisiran. habis gimana, pengennya siap mandi tuh cepet2 liatin anaknya.. hahahha... 9tapi ini bersifat temporary...)

3. suamiku berubah
hahaha,.. gak hanya dia yang berubah aku juga berubah, si Luna sekarang jadi objek utama cinta kami.. jadi klo misal si suamik biasa aja liat aku, maklum ajalaah..
dan yang pasti dia suka ejekin perut ku, yang sekarang masih melar pasca melahirkan, atau payudaraku yang besar karena menyusui, and he call me betty boop, serta pantat yang rada berisi kayak badut.. huhh dasar....

4. Waktu yang berlawanan
otomatis, malam itu kayak siang saat ini, meleknya malam mulu...
klo siang mata kita bersinar terang gak pengen tidur tapi baby nya tidur

5.work as a team
alhamdulillah, dengan lahirnya Luna, saya mencoba memperbaiki komunikasi sehat bersama suami, klo dulu mah kesel dipendem aja, ada masalah disembunyikan, tapi sekrang berusaha lebih terbuka, karena ada anak di tengah2 kami, kaena kami adalah team

6. NO BOROS
insting aja sih.. sekarang sih duit sedikit pun mecahinnya klo gak buat yg perlu gak mau, karena kebutuhan anak akan ada terus..jadi bismillah untuk jadi orang yang gak boros lagi, beli yang gak perlu.. INSHAALLAH.

FAKTA MELAHIRKAN ANAK PERTAMA by wiwid



1. Tanggal 9 , sholat  magrib di mesjid ketemu temen mama dan nayain "lo kpn mau melahirkan?? uda ada tanda tanda wid ?? " dijawab nya belom ada. eh trus si bulek nyeletuk, ntar malam lahir nih...katanya sambil elus perut...

2. jam 11 malam mulai merasakan mules. kirain biasa. setelah menghitung waktu dan konsisten 6 menit sekali, menyimpulkan ini adalah kontraksi


3. dirumah hanya berdua mama, papi lagi mandah kerja d luar kota dan suami rencana  baru sore besok pulang kesini

4. jam 11an pas pipis finally melihat darah.."wah... mau melahirkan kali ya.." 

pertama sih langsung nelpon suami nyuruh pulang sesegera mungkin.
Dan saat ini belom mbangunin mama, karena masih merasa baik2 saja.

5. menikmati kontraksi sendirian per 6 menit.

baru jam 2 bangunin mama, bilang klo kayaknya uda ada tanda2 melahirkan

6. karena hanya berdua mama panik dan akhirnya menelpon pakde dan bude

7. 02.30am mereka datang, dan mama kekeuh bawa aku kerumah bidan, padahal d hubungi bidannya, dan kata nya datang klo kontraksi nya per 2 menit

8. Datang kerumah bidan nya jalan kaki di malam buta tapi gak bangunin bidannya sampai jam 4 subuh dan akhirnya pulang lagi kerumah, karena aku merasa masih baik2 saja, mama terlalu parno, dan aku coba yakinin aku masih oke (ini part yg lucu menurutku...)

9. sempet sedih, binging dan kesel pas suami susah dapat angkutan pulang.
mikirnya aduuuh,,, ntar anaknya keburu lahir bapaknya gak ada gimana

10. terlalu geer melahirkan secepat itu, akhirnya jam 7 pagi, kerumah bidan lagi, pas periksa bukkan ternyata masih bukaan setengah.. ahhaha

11. kontraksi masih sama 6 menit sekali gak berubah dan kegiatannya ya muter2 rumah ketika kontraksi datang. karena dengan bergerak menghilangkan sedikit rasa sakit itu

12. jam 12 suami datang, istrahat bentar, siapin barang2 untuk bawaan dan jam 2 kita pergi lagi kerumah bidan

13. karena rasa nya belom kuat banget, jadi ya masih belom ditangani  sampe jam 5 sore, setelah cek, eh masih bukaan 4.
waww...kembali lah muter sana sini, trus nungging2 pas kontraksi datang.masih sambil becandaan dan membuat oranng tertawa tapi kontraksi saat ini rasanya uda mulai sakit dari sebelumnya..

14. jam 7 malam mulai terasa pengen pup. apakah sudah deket.??
let's cek dan ternyata bukaan 6. akhirnya dissuruh miring kekiri untuk mempercepat jalan bayi.
dan dibukaan 6 air ketuban belom pecah. dan saya pribadi sangat menhindari untuk dirangsang, mendengar pengalaman itu sangat sakit....

15. hampir jam 9 sudah bukaan 8..dan. mulailaah Berjuang mengeluarkan si malaikat dengan diawali memecah air ketubanku...

16. yang menemani diruang persalinan suami dan bude karena mama gak sanggup liat aku, jd dia izin nunggu diluar aja .its oke mom.. i just need your pray..

17. Akhirnya saya merasakan perjuangan seorang ibu. yang berada di antara hidup dan mati

dan buat yg lagi hamil dan menungu masa melahirkan easy mom.. insting kita akan membawa kita berbuat hal yang harusnya kita lakuin, jadi gak perlu panik saat mau melahirkan..

18. pas ngejan, walo gak boleh pejem mata, tapi keseringan matanya pejem, dan karena saya sedang berusaha melahirkan normal adalah kegiatan mengangkat kaki  dengan kedua tangan kamu sendiri hingga terkangkang nyata dan itu hal yang sedikit menyiksa

19. gak usah ngomongin sakit. sakit insyallah masih bisa di tahan, ALLAh pun akan memberi kita kekuatan, begitulah yang kulakukan. perbanyak istigfar dan menyebut nama ALLAH walo tanpa dipungkiri aku juga menjerit kesakitan walo sebenarnya itu dilarang karena akan menguras tenaga kita, tapi yaah bagaimana, walopun gak mau teriak atau merintih tapi itu kayak uda diluar kesadaran

20. ngerasa antara hidup dan mati?? Hmm.. saya lebih berpikir saya kuat untuk dan akan hidup untuk bayi ini.

21. fine..karena ngejannya kurang TOP, si adek bayi agak lama diperjalanan..
dan akhirnya walo bu bidan mungkin tidak akan digubting atau sobek untuk memperbesar jalan keluar anak, Akhirnya dia menyobek itu sayaa..hahha
Rasanya ..?? jujur gak sakit kok.. karena selain si ibu bidan  melakukan pas saya kontraksi, saya berpikir apapun yg penting adek bayi keluar..

22. hampir putus asa karena nafas mengejan saya yg kurang panjang,padahal kepala adek bayi sudah keliatan
saya disuruh merasakan kepala nya..mulanya saya gak mau, tapi ketika saya merasakan nya.. " Ya ALLAH anak ini sudah hampir tiba, ayo semangat wid..."
dan ketika saya sudah melihat kepala nya..saya bertekad sekuat tenaga untuk mengejan.biar dia keluar. dengan cara apapun, walopun nafas disambung2  dan bukan waktunya untuk gak mengejan

23. 22.25 akhirnya setelah kami berusaha keras bayi itu keluaaar....aku melihatnya dari celah pahaku..
oohh.. apa ittu?? itu kah dia yg selama ini berada diperutku..
aku melihat tali pusarnya.. dan aku melihatnya ditepuk kakinya karena dia belum menangis
benar semua rasa sakit itu  hilang hanya dengan melihatnya...

24. tapi semua belom berakhir..ya ALLAh dia terminum air ketuban ku yg uda menghijau karena terlalu lama di perjalanan
jika biasanya bayi yg baru lahir di pelukkan ke dada ibunya dan diberi IMD tidak dengannya. aku melihatnya disedot cairan ketuban..

ah..aku hanya bisa menatapnya.. tubuh kecil itu... tangisnya...
hanya dia yang aku khawatirkan, dia yang sedang berjuang di sebelah tempat tidurku.. nak..mommy ingin melihatmu..


25. satu masalah datang ketika ari2 atau plasentaku nyangkut di dalam gak bisa keluar secara natural dan harus dijemput
apa arti kata dijemput?? yaapp.. aku ngeliat bu bidan pake sarung tangan yang panjangnya hingga ke siku. Ternyata dijemput adalah dia harus merogoh isi perutku dan menarik keluar.
ahh.. okelaah..tidak masalah bagiku.. anakku sudah selamat, sekarang giliranku untuk diselamatkan..
si ibu bilang.. " agak sedikit sakit wid, ditahan ya.."
baiklah yang tersakit juga sudah aku lewati dan bismillah.. " Ya ALLAh sakit ternyata. aku ngebayangin aja, tangan ibu itu masuk dr itu ku dan masuk ke dalam lambungku, lalu dirogoh lah si plasenta dan ditarik keluar... thats so WAW....tapi setelah itu DONE. 
 

26. tahap selanjutnya adalah jahit, ya karena sempat dirobek..

sakit ?? insyallah tidak.. karena aku berpikir, yang tersakit sudah aku khatamin. jadi rasa takut sudah tidak ada. 2x suntikan di paha, 3 di anuku dan jarum jahit yg bentuknya bukannya lurus tapi kayak huruf c. dan benang yang mirip benang nylon, itu tak mengapa.
kekuatanku lebih ketika melihat bayi mungilku yang ada disebelah tempat tidurku,.   Alhamdulillah..jahit ku sudah selsai dan cairan adek bayi sudah bisa disedot.
Skitar jam 11an kami berdua sudah ready. dan ibu bidan sudah kembali istirahat. tinggal lah aku dan perawat serta keluarga dikamar
Tapi aku tidak diperbolehkan tidur. dan bayi ku sudah terlihat lelap di sebelah sana. alhamdulillah...
 

So proses kelahiran baby L adalah 24 jam. terhitung cepat juga untuk anak pertama, karena pengalaman teman2 kontraksi mereka ada yang sampai 2 hari
untuk semua ini aku hanya ingin bersyukur dan bersyukur sama ALLAH.. juga utk doa mama, dan semua, suami yang udah nemenin. ibu bidan dan perawat yang  juga menolong proses kelahiran ini juga bude, pakde yang sudah mendoakan dan menemani mama. perjuangan kalian juga sama sepertiku..empati kita begitu satu..

Waww.... yeahh.. begitulaah sedikit sharing tentang proses persalinan anak pertama saya yang luar biasa..smeua ini hanya untuk berbagi..


setelah semua yang sudah aku lewati untuk calon ibu dan yang lagi nunggu persalinan diluar sana, semangat ... melahirkan tidak se parno yang kalian bayangin..
yang terpenting terus mengingat tuhanmu, berjuang pantang menyerah, dan selalu bersyukur untuk orang2 yang mencintaimu...


Jadi mau nambah baby lagi ?? SIAPA TAKUT ...!!  

Kamis, 09 Juni 2016

Dear my baby L

Sayang..
Selamat malam..
Malam ini kita berdua ditinggal diddy nongkrong bareng bapak2 didepan. Biar aja nak.. Bapak mu bersosialisasi..this our time together tanpa ada diddy mu..
Mommy g tau kenapa bisa jadi melo tiba tiba.
Mommy sangat mecintai kamu. Kamu juga pasti tau itu. Dilema dalam hati mami pun pasti kamu juga rasain..
Keparnoan mommy. Keresahan. Ketakutan. Tapi disitu mami jd sadar. Ada campur tangan Allah atas semua ini. Jd kenapa tidak meminta pada NYA saja.
Mommy kadang cuma mikir. Mami kuat gak sih dek ?? Mami ud jagain kamu dengan baik gak dek..
Mommy ingin melihat kamu kedunia dengan utuh. Dengan sehat. Karena mommy ud menyiapkan banyak rencana buat kamu.
Doakan mommy kuat nak..
Biar mami bisa lihat senyum kamu..
Mami g tau klo mami harus ninggalin kamu itu gmn ??
Mami mau kamu tumbuh dengan tangan mommy yg sekarang agak menghitam dibagian telapaknya karena panas bange nak 😁😂
Mommy pgn mommy ajarkan hal baik utk kamu
Mommy bakal buat kamu g kan pernah  jadi sama seperti mommy. I want u better than me.
Kita berjuang bersama biar kita sama sama sehat dan selamat ya..
You are ma everything baby..
#from your parnoan n galau mommy

Jumat, 15 April 2016

AKU DIPOLIGAMI

hai apa kabar nya parakuman??
semoga kalian bahagia selalu..rumah tangganya pada lancar jaya dan mungkin selalu romantis sama kekasihnya... buruan nikah gih..tapi pastiin kamu satu satu nya buat pasanganmu..

Aku dipoligami..
.
.
.
.
.
.

Rasanya aneh..
sakit..kecewa...marah..
huuh...aku sempet ngerasa dunia itu gak adil

rasanya sakit ketika cintamu terbagi
ketika perhatianmu dibagi
ketika suami mu yang paling seksi dan gagah itu harus ada satu tempat tidur bersama  perempuan lain tanpa sehelai benangpun 
dan pelukan hangat suami mu itu harus memeluk wanita lain dengan tawa manjanya
OH.. GOD.. aku gak tau klo rasa nya sakit setengah mati kayak gini...rasanya nyata
aku rasanya mau mati aja... Astagfirullah...

perempuan itu namanya yuli..
aku gak tau apa yang bikin suamiku itu nikahin dia.
yang jelas pernikahannya berlangsung setelah roni nikahin aku..

yuli tinggal di rumah mertuaku bersama adik dan ibu mertuaku
dulunya aku pikir dia siapa, masih kerabat suamiku..

namun beberapa waktu aku denger selentingan kalo dia istri siri suamiku.

aku memang jarang mengunjungi mertuaku, karena aku bekerja
paling biasa nya klo hari minggu , hari libur, atau klo mama mertua ku nyuruh kita datang
apalagi semenjak aku hamil..
yaah.. kalian kan tau aku pun sedang hamil, uda jalan 6 bulan..

aku gak terlalu ambil pusing, apalagi selama aku hamil perhatian suamiku makin all out.. mertuaku juga makin sayang, selalu nanya mau makan apa.. trus ntar dibikinin.. ngundang makan kerumahnya..
disaat itu aku melihat sosok yuli biasa saja.. setauku dia itu orangnya rajin.. dia yg mengerjakan sebagian besar pekerjaan rumah.. mama pun terlihat no problemo sama yuli.
dia jarang berbicara sama roni, kalo kita datang dia kadang di kamar saja, jarang bergabung dengan aku, roni, ibu mertuaku dan adik iparku. 
sembari kami mengobrol, dia di kamar aja.. pernah aku mengintip kamarnya untuk mencari tau apa yg dia lakukan, aku hanya melihatnya  tertidur..

sekarang aku berpikir.. 
apakah saat itu dia sedang menangis..??
aaahhh...aku jugaaaa nangisssss

jadi apa itu alasan suamiku masih tenang saja ketika aku tidak bisa melayani nya 
jadi itu alasan metuaku tak terlalu perduli aku bisa masak atau rajin dalam melayani anaknya
dan tega sekali mereka menyembunyikan ini semua dariku..

.
.
.
.
.

aku sudah lelah menangis..
aku hanya diam terpaku
sudah seharian aku diam di kamar.. menangiss
pikiranku menerawang..aku membayangkan anakku..yg juga anaknya..

beberapa kali aku melihat  suamiku datang kedekatku dengan muka yang sangat bersalah 
membawakan makanan dan menyuruhku makan
"hun.. ayo makanlaah.. kasihan anaknya....
"maafkan me.. me bisa jelasin..

aku gak pernah menjawab, melihatnya sinis,dia makin bersalah  lalu dia pergi...
aku gak tau mana yang harus aku omongin lebih dulu..
mau memakinya
mau minta penjelasan
atau mau membunuhnya...

sudah jam 5 sore...aku gak tau ntah uda berapa puluhan kali telpon ku berdering..
ntah siapa yang menelpon aku tak perduli..
aku hanya menangis dan menangis

aku benci.. benci sekali.. 
ternyata bibir yang menciumku sudah mencium wanita lain
perhatian hangat suamiku pernah diberi dengan wanita ituu..
pelukan suamiku juga pernah diberi untuk wanita cupu kampungan itu SEKETIKA AKU MARAH pada perempuan itu
mana dia??? biar kujambaaakkkkk